Headlines News :
Home » » BINTANG KU

BINTANG KU

Written By pak dirman on Saturday, March 16, 2013 | 9:07 PM

Awalnya aku newbie dengan hal-hal yang berbau teknologi….
Maklum…letak sekolahku dipinggiran kota. Untuk akses informasi dan teknologi rada-rada sulit.
Awalnya aku cukup merasa puas apabila dalam mengajar, murid-muridku duduk tenang dan memperhatikan pelajaran yang sedang ku jelaskan…..
Awalnya… aku tidak begitu peduli dengan berbagai media….
aku cukup menggunakan fasilitas yang ada di kelas dan buku paket sebagai peganganku dalam mengajar.
Sampai pada suatu waktu. Aku diminta oleh ibu dari salah seorang muridku untuk memberikan pelajaran tambahan kepada anaknya yang bernama “Bintang”. Setelah rundingan beberapa saat, akhirnya aku menerima tawaran tersebut.
Pada hari Rabu, sepulang sekolah, Bintang menemuiku dan bertanya “Pak, jadi gak Bapak ke rumah Bintang untuk ngasih les?”. “ya, jadi dong”, jawabku.
Setelah selesai aku memberikan pelajaran tambahan, Bintang mengajakku bermain game komputer. Aku ingat betul, saat itu aku diajak bermain game “Tebak Kata”.
Karena aku belum pernah memegang komputer dan aku tak tau cara menggunakan mouse, akhirnya aku hanya memperhatikan saja, tapi lama kelamaan aku penasaran dan ingin mencoba. Akhirnya dengan sabarnya, Bintang mengajariku cara memegang mouse.
Begitulah setiap seminggu tiga kali, aku mengajar les dan mendapat pelajaran tentang komputer dari Bintang. Tapi hal itu hanya berjalan selama 4 bulan, dan Bintang pun lulus SD dan melanjutkan ke SMP di kota lain.
Aku terpisah dari Bintang, tapi itu tak menyurutkan semangatku untuk belajar, akhirnya, aku serius belajar komputer, dua bulan setelah kursus, aku mendapat pelatihan pembuatan media pembelajaran dari salah satu lembaga pendidikan di kota ku. Berbekal ilmu yang kuperoleh dari Bintang, akhirnya aku bisa mengikuti penyampaian materi yang diberikan.
Subhanallah…..
Seminggu setelah pelatihan tersebut, aku di utus oleh Kementerian Agama Provinsi Jambi, untuk mengikuti kegiatan pertukaran guru Pendidikan Agama Islam, aku satu-satunya duta dari provinsiku. Antara bahagia dan takut, itu yang ku rasakan saat khabar itu ku terima. Bahagia karena akan mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman, dan takut dikarenakan pengetahuan ku tentang komputer yang minim.
Bismillah….
Aku yakin aku bisa…
Itulah kata-kata motivasiku saat itu,
Akhirnya aku berangkat mengikuti kegiatan tersebut dan di tugaskan di SD Negeri Anjasmoro Semarang. Disini aku mencoba membuat beberapa media pembelajaran sederhana dengan menggunakan microsoft PowerPoint.
Ternyata media sederhanaku mendapat tanggapan positif dari siswa dan dari pihak sekolah, ini yang membuat adrenalin ku terpacu untuk membuat multimedia pembelajaran yang lebih bagus.
clip_image002
clip_image004
Pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif
di SD Anjasmoro Semarang
Selama dua bulan aku bertugas di Semarang, aku mendapat banyak pelajaran dan pengalaman yang berarti. Tapi yang paling berkesan bagi ku, ketika aku mengajar menggunakan multimedia pembelajaran. Aku sadar, ternyata mengajar dengan melibatkan seluruh siswa dan membuat anak enjoy itu jauh lebih menyenangkan dan memuaskan.
Akhirnya, aku mulai serius merancang beberapa multimedia pembelajaran yang kelak akan aku terapkan kepada murid-muridku di daerah.
Setelah berakhir kegiatan pertukaran guru tersebut, aku mulai merobah cara mengajarku dari yang konvensional menjadi menyenangkan, sehingga murid-muridku tidak lagi hanya duduk manis di tempat duduknya dan memperhatikan aku berceramah menjelaskan materi pelajaran. Pembelajaran di kelas ku saat ini jauh lebih baik dan menyenangkan. Siswa terlibat langsung dalam aktivitas pembelajaran.
clip_image006
clip_image008
Pembelajaran dengan Menggunakan Multimedia Interaktif
di SD Negeri 70/IV Kota Jambi
Pada bulan Mei 2011, aku mengikuti kompetisi “Erlangga Teacher Of The Year 2011” se-Sumatera Bagian Selatan aku hanya masuk 20 besar, tapi tak membuat semangatku surut.
clip_image010
Pada bulan Juni 2011, salah satu multimedia pembelajaran yang telah ku buat, ku ikut sertakan dalam lomba kreasi model pembelajaran yang diadakan oleh Kementerian Agama, lolos di tingkat provinsi membuatku mendapatkan tiket untuk melaju ke tingkat nasional. Dengan kesungguhan dan tekad yang kuat, akhirnya aku berhasil menjadi Juara I tingkat nasional Lomba Kreasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis ICT tahun 2011.
clip_image012
clip_image014
Akhirnya, Bintangku mulai bersinar….
Aku yakin, tak ada yang tak bisa,
Dan tak ada yang tak mungkin
Walau usia sudah uzur….
Walau kata orang semua sudah terlanjur….
Walau nasih sudah jadi bubur…
Tapi…. Mari kita robah “bubur” tersebut menjadi “bubur ayam”…
Yang nilainya jauh lebih mahal dari hanya sekedar bubur biasa….. 

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba menulis : http://www.formulasi.or.id/2013/01/bintangku-dari-jambi.html
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Berbagi Tak Akan Rugi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger